Jangan Biarkan Emosi Mengatur!

Emosi dapat membawa kita dalam masalah dan kita harus selalu mengontrolnya setiap saat. Sebagai manusia, kita semua memiliki emosi. Tak peduli seberapa keras kita berusaha, kita akan selalu bereaksi pada suatu kondisi.

Beberapa emosi mempengaruhi lebih dalam dari yang lainnya. Semakin dalam emosi seseorang, semakin bahaya karena emosi nampaknya akan lebih berpengaruh pada perilaku kita dan membuat kita bereaksi secara irasional.

Satu cara mengontrol emosi kita adalah mengetahui apa yang sedang kita lakukan. Karenanya, jika kita merasa marah pada seseorang, sangat penting kita mengetahui duduk persoalan sebenarnya yang membuat mengapa kita mudah marah.

Selain itu kita harus mengetahui pada tingkat apa kita merasakan emosi. Jika seseorang melukai anak kita, mungkin kita akan sangat emosional dibanding jika seseorang menumpahkan minuman pada kemeja kita.

Sekarang kita menyadari tak peduli apa yang kita ucapkan dan lakukan, kita akan selalu melibatkan emosi. Beberapa orang sangat emosional dibanding yang lain, tetapi emosi mempengaruhi semua diantara kita pada satu sisi atau sisi lain.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari cara mengatasi emosi. Hal ini tidak berarti membiarkan emosi keluar dari diri kita dan mulai mengoceh mengenai apa yang mengganggu sampai kita menangis seperti bayi.

Orang seharusnya tidak dapat mengetahui bagaimana perasaan kita hanya dengan memperhatikan kita. Jika seseorang mengetahui bagaimana perasaan kita, mereka akan lebih baik memprediksikan tindakan kita, mereka dapat lebih baik merencanakan untuk menghalangi upaya kita dan mengalahkannya.

Ingatlah jika seseorang menanyakan pada kita: Bagaimana kabar kita?” katakan pada mereka bahwa kita baik-baik saja. Mereka dapat mengetahui bagaimana perasaan kita sebenarnya.


sumber : internet

Comments (0)

Isi Blog ini diposting dari tugas-tugas kuliah, catatan pribadi, dan berbagai bacaan yang bersumber dari buku, internet dll