PENGANTAR PENGACARAAN OPTIMAL

Sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan secara optimal dan permasalahannya membutuhkan cara yang lebih baik dalam:
Pemecahannya
  • Teknik-teknik operation research
  • Model-model pengacaraan optimal
  • Metode-metode pengacaraan optimal

Sejak revolusi industri, dunia teknologi mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat pesat dengan perkembangan industri, maka timbul masalah-masalah yang cukup rumit, yang membutuhkan pemecahan yang tidak mudah.
Disini para teknokrat mencari/mengadakan studi riset operasi (operation research, model-model pengacaraan optimal dalam menyelesaikan masalah yang timbul dan kompleksitas serta spesialisasi dalam mengalokasikan sumber daya.

DEFENITION OPERATION RESEARCH
  1. Morse & Kimball dalam bukunya “Method Operation Research” adalah suatu metode ilmiah yang memungkinkan para manajer mengambil keputusan mengenai kegiatan yang mereka tangani dengan dasar kuantitatif.
  2. Churghman & Arkoff, dalam bukunya “ Introduction Operation Research” (OR) sebagai aplikasi metode-metode, teknik-teknik dan peralatan ilmiah dalam menghadapi masalah yang timbul dalam operasi perusahaan dengan tujuan ditemukannya pemecahan yang optimum
  3. Miller & MK. Stam ; “Executive Decisions & Operation Research” sebagai peralatan manajemen yang menyatukan ilmu pengetahuan matematika dan logika dalam kerangka pemecahan masalah - masalah, dipecahkan secara optimal
Dari ke tiga defenisi dapat disimpulkan bahwa:
Operation Research (OR) berkenaan dengan pengambilan keputusan optimal, optimal dalam teknik ekonomi. Dalam pengalokasian sumber daya dengan menggunakan model-model pengacaraan optimal seperti L.P.

PENGACARAAN LINEAR
Dalam pengacaraan Linear dimulai dengan teknik pengacaraan yang meliputi:
  1. Metode grafik
  2. Metode simplex
  3. Metode dualitas
Dalam kuliah ini dititikberatkan pada:
Metode simplex dan Metode dualitas
Ke duanya saling berkaitan karena:
  • pengacaraan linear simplex memberikanpersamaan yang lebih dari tiga variabel sistem pembangkitan variabel.
  • Biaya pembangkitan tiap pembangkit
  • Besar daya yang dibangkitkan tiap pembangkit
Jadi ini berkaitan dengan teori umum pengacaraan linear:
Pengacaraan linear merupakan model umum yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah, pengalokasian/penjadualan sumber pembangkit secara optimal.

OPTIMASI BIAYA
Optimasi biaya dapat didefenisikan sebagai suatu proses menemukan kondisi yang memberikan nilai maksimum atau minimum suatu fungsi.
Karena maksimum suatu fungsi dapat diperoleh dengan menentukan dari negative fungsi tersebut, sehingga optimasi dapat diartikan sebagai minimisasi.
Jadi optimasi biaya sama dengan minimisasi biaya

Comments (0)

Isi Blog ini diposting dari tugas-tugas kuliah, catatan pribadi, dan berbagai bacaan yang bersumber dari buku, internet dll