INSTAL ULANG/RECOVERY WINDOWS LAPTOP SONY VAIO


Pernah  tidak anda mengalami kegagalan dalam proses instalasi OS  windows pada laptop SONY VAIO anda. Jika pernah maka kemungkinan langkah yang anda lakukan adalah untuk mengembalikan kerusakan system windowsnya adalah dengan recovery windows Sebagaimana kita ketahui, bahwa setiap produk Sony VAIO tahun 2005 keatas tidak lagi disertai dengan CD installer atau CD driver bawaan. Karena untuk operating system dan semua drivernya sekarang tersimpan di hard disk (bundling software saat kita membelinya) dalam partisi tersembunyi. Dan logikanya, bila kita mau format ulang/recovery  laptop SONY VAIO, sekarang menjadi lebih mudah karena tidak perlu lagi proses install dengan menggunakan CD recovery atau tidak perlu membuat lagi CD recovery, tetapi cukup dengan satu langkah mudah , maka semua langsung dikerjakan secara otomatis dan lansung ter-install ulang operating system dan semua drivernya. Langkah mudah itu disebut Recovery.
Recovery atau format ulang di laptop Sony VAIO sebenarnya bisa dilakukan dengan 2 cara:

1. Menggunakan Hard Disk Recovery
2. Menggunakan CD Recovery ( jika kita telah membuat sebelumnya.)

Pada blog ini, hanya akan saya share cara recovery dengan menggunakan file recovery yang memang terdapat pada hardisk anda. Penting dilakukan! Bila mau format ulang laptop Anda, jangan lupa untuk back up data-data penting Anda. Saya punya pengalaman pahit data hilang karena lupa backup data , piuh…….pusing jadinya ntar…. Namun saya bisa recovery kok……baca di blog ini jika anda juga punya masalah data hilang untuk cara recoveri data.. hehe..hehe
Hard Disk Recovery yaitu memformat ulang dengan menggunakan recovey disk yang tersimpan di dalam hard disk. Cara ini dapat dilakukan dengan 2 langkah, yaitu: 1) Akses dari windows dengan menggunakan aplikasi software bawaan dari VAIO yaitu VAIO Recovery Center dan 2) Akses melalui ‘booting’ menekan tombol ASSIST disertai menekan tombol F10.
Lagi-lagi disini saya hanya uraikan langkah-langkah untuk format ulang atau recovery menggunakan akses ‘booting’ disertai menekan F10 (asumsi  laptop anda benar-benar tidak bisa masuk windows atau data system windows rusak ). Berikut langkah-langkahnya :
1.      Pastikan laptop anda dalam kondisi Off/mati. Kemudian nyalakan laptop Anda.dengan menekan tombol ASSIST ( pada Sony Vaio laptop bisa dinyalakan selain tombol power )
2.      Dalam posisi ‘booting’ ketika mau masuk windows, tekan F10 (prosesnya sama ketika kita mau masuk bios dengan menekan F2).
3.      Akan muncul di bios: ‘Windows Loading File’.
4.      Lalu muncul tulisan ‘Edit Boot Option’.
5.      Lalu muncul jendela VAIO Recovery Center.
6.      Selanjutnya pilih ‘Restore Complete System’.
7.      Tekan ‘Start’ dan tekan ‘next-next’ terus.
8.      Lalu muncul beberapa pilihan contreng, INGAT!…abaikan saja, dan contreng ‘Skip’ lalu tekan ‘Next’.
9.      Lalu muncul pilihan untuk memulai proses Recovery, dan ingat di sana Anda harus mencontreng ‘I understand’,
10.  Dan selanjutnya tekan ‘Start’ untuk mulai.
11.  Setelah itu anda atur konfigurasi windows anda

 Muhammad Syahwil
 

Comments (8)

Makasih banyak mas
Sangat membantu

cara memback up data ketika tidak bisa masuk ke windows gimana ya? terimakasih

mas klo harddisk saya ada 2 partisi misalnya drive d:\ , apakah akan terformat juga drive d:\ nya..?
Thanks

tank Gan infonya..
fadback ya gan blok saya http://majutekhnologiinformasi.blogspot.com

Saya udh tekan tombol assist dan muncul option recovery (F10), tp setelah saya tekan enter ko malah login ke win 8. Solusinya gmn gan?? Mohon bantuannya, share ke emal saya ya gan arda_23@rocketmail.com terima kasih banyak.

Tu laptop harus terhubug ke internet apa tidak gan

Tu laptop harus terhubug ke internet apa tidak gan

Laptop sya sony vaio lama. Suda suru teman instal tapi hasilx gagal terus...
Minta solusinya..
Makasi.

Isi Blog ini diposting dari tugas-tugas kuliah, catatan pribadi, dan berbagai bacaan yang bersumber dari buku, internet dll