Cara Mudah Partisi Harddisk Pada Windows 8

Membuat partisi pada hardisk sangat penting untuk membagi sistem dan penyimpanan data. Sehingga jika terjadi sesuatu dengan sistem komputer data pada partisi lain kemungkinan besar masih bisa terselamatkan. Dengan adanya beberapa partisi harddisk, maka kita akan bisa mengatur letak atau lokasi drive untuk system, dan drive untuk penyimpanan data, jika suata ketika windows mengalami crash, atau rusak, dan perlu untuk diinstall ulang, maka data yang disimpan akan tetap terjamin keamanannya. Selain hal tersebut, dengan mempartisi harddisk kita akan lebih mudah dan lebih cepat untuk melakukan defragmentasi, daripada harddisk yang tanpa partisi akan lebih mamakan waktu yang cukup lama. Partisi ini bisa juga bermanfaat untuk mencegah atau meminimalisasi adanya bad sector pada harddisk.

Biasanya pada komputer/laptop saat awal diinstal sistem operasi, saat itupula dilakukan partisi hardisk. Jikalau hardisk kita tidak dipartisi sebelumnya maka hanya terdapat satu partisi yaitu drive C. Kadang kita ingin menambahi partisi pada PC/laptop kita tapi tidak tau caranya, nah kali ini saya akan share bagaimana cara partisi hardissk pada windows 8 dengan mudah, salah satu kelebihan dari windows 8 ( juga pada windows 7) dari pada windows xp yaitu bisa membuat partisi harddisk secara aman tanpa menggunakan software pihak ketiga. Pada windows xp untuk mempartisi harddisk dilakukan dengan menggunakan software semacamEazeus Partition Manager, ranish partition manager, Norton partition magic,   dan software partisi lainnya.


Berikut adalah langkah-langkah membuat partisi dan membagi jumlah space pada windows 8 :

1. Arahkan mouse pada sudut kanan layar, kemudian klik start  kemudian masuk pada file explorer. 

2. Pada jendela file explorer, klik kanan computer dan pilih manage 


3. Selanjutnya akan muncul jendela computer management, pilih storage kemudian pilih    disk   
     management.


 

4. Pada jendela sebelah kanan terlihat jumlah partisi yang telah ada. Kemuian klik kanan pada harddisk yang mau dipartisi. ( Kalau baru terdapat 1 partisi misal C: klik kanan pada partisi C:, kalau sudah ada beberapa partisi “seperti gambar diatas” dan mau di partisi lagi maka klik kanan pada drive yang mau di partisi lagi ) kemudian pilih Shrink Volume


                                       Muncul “querying shrink space” dan tunggu sebentar.
5. Pada jendela shrink. Disini diminta untuk menentukan volume partisi yang mau dibuat. Isikan saja berapa volume sesuai dengan direncanakan. Setelah itu klik Shrink.

6. Maka akan muncullah partisi baru yang masih belum terformat atau free space ( lihat partisi dengan  gambar hijau ). Sampai disini partisi baru masih belum bisa digunakan.
7. Untuk memformat partisi agar bisa digunakan, klik kanan pada “free space” tadi kemudian pilih new simple volume.
8. Muncul New simple volume wizard > klik next.
9. Muncul jendela specify volume size > klik next lagi
10.Muncul jendela assign drive letter or path > klik next lagi.
11. Muncul jendela format partition. Pada file system pilih saja NTFS, kemudian pada volume label > isikan “nama label drive partisi anda”, kemudian klik next.
12. Muncul jendela completing the new simple volume wizard. Sebelum klik finish lihat dulu informasi yang tertera. Kalau belum sesuai dengan keinginan shobat, klik back, kalau sudah sesuai silahkan klik finish.
13.  Maka partisi harddisk telah selesai dan siap untuk dipergunakan.
14. Untuk mengecek partisi yang baru, cobalah buka windows explorer. Bila prosesnya telah benar maka akan muncul partisi baru sesuai dengan label yang telah shobat buat tadi.

Comments (4)

yang pakai aplikasi g ada? kan saya cuma mau ambil sebagian memori, misal memori d=100gb dan mau saya ambil 50gb saya tambahkan di E, mksih

Mantab gan infonya, sangat bermanfaat ini buat ane. hehe
Lowongan Kerja PT Nissan Financial Service Indonesia - Min D3 Semua Jurusan - Mei 2015
http://expocpnsbumn.blogspot.com/2015/05/lowongan-kerja-nissan-financial-service-indonesia.html

mampir juga ke youtube saya ya, saya juga buatin cara membuat partisi dengan panduan video
https://www.youtube.com/watch?v=10wUd2dqD7U

Thank'z buat info.y, bermanfaat banget soalnya laptop saya cuma punya 2 partisi trus saya mau buat 3 partisi hardisk, jadi thank'z banget dhe buat infonya :)

Isi Blog ini diposting dari tugas-tugas kuliah, catatan pribadi, dan berbagai bacaan yang bersumber dari buku, internet dll